Friday, October 2, 2009

Ilmu dari film KCB


Kemarin malam aku sempatkan nonton sekuel film KCB (Ketika Cinta Bertasbih) di salah satu bioskop di Surabaya. Dari awal main sudah disuguhi adegan haru yang memang menyentuh hati(khususnya cewek). Adegan demi adegan terlewati dengan begitu banyak sentuhan - sentuhan agamis di setiap penokohan dan karakter para pemainnya..Sampai di suatu adegan dimana Khaerul Azam pemeran utamanya diminta menggantikan Kyai Lutfi (Dedy Mizwar) untuk mengajar ngaji kitab Al- Hikam karya Ibnu Atoillah..Disitu ada monolog dari pemeran Azam yang mengutarakan satu baris dari kitab Al- Hikam " Seseorang yang merasa dirinya telah benar - benar tawaddu' kepada Allah adalah termasuk golongan orang - orang yang takabbur" Deg..langsung ada sesuatu dalam hatiku yang mengatakan "kena kau"...monolog itu berlanjut lagi.." MAsya Allah, begitu halusnya syaitan bermain dalam hati manusia" Setelahnya, adegan demi adegan kulihat dengan banyak sekali berfikir..LAlu bagaimanan dengan aku..Sholatku, amalku, tingkah laku baikku dengan orang, ketaatanku pada orang tua, bahkan aku sering berfikir sungguh tidak adil kalau Allah tidak membantuku menyelesaikan masalah - masalahku padahal aku telah tawaddu' melaksanakan semua perintahNya..Ya Allah.. berapa banyak lagi yang belum aku tahu tentang kekuranganku dalam beribadah padaMu, serasa semua ilmu yang aku dapat dari mengaji mulai dari kecil sama sekali tidak ada. Bahkan kesombongan hati seperti yang dikatakan Azam dimainkan begitu halus oleh syaitan aku sama sekali tidak pernah tahu...Astaqhfirullah..berikan ampun untukku Ya Allah atas kelancanganku mengira bahwa aku telah begitu baik dihadapanMu..

No comments:

Post a Comment